Monday, March 29, 2010

Cara Membuat Account Facebook

Sejarah Facebook

Seperti yang ditulis Wikipedia Bahasa Indonesia, Facebook atau disingkat FB adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang Mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.

Pada awal masa berdirinya situs web jejaring sosial ini, keanggotaannya masih dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook.[2] Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Hingga Juli 2007, facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia.[3] Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi,[4] dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.[5][6]

Membuat akun Facebook

Facebook adalah sarana sosial yang menghubungkan orang-orang dengan teman dan rekan mereka lainnya yang bekerja, belajar, dan hidup di sekitar mereka. Jika kita berniat membuat akun dan menggunakan layanan Facebook, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Masuk ke halaman muka Facebook disini atau masukkan URL http://facebook.com
  2. Ketemu 5 kolom bertajuk Sign Up – it’s free and anyone can join? Ok, isi kolom tersebut.
  3. Nama lengkap anda di kolom Full Name
  4. Alamat e-mail (Yang anda gunakan) di kolom Your Email
  5. Password yang anda inginkan di kolom New Password
  6. Jenis kelamin anda di I Am, Male untuk laki – laki dan Female untuk perempuan
  7. Tanggal lahir anda di birthday
  8. Klik Sign Up.
  9. Setelah menklik sign up, anda akan derikan sebuah captcha, atau image verification. Satu metoda untuk memastikan apakah anda benar – benar manusia atau hanya spambot, program spamming. Sekarang, perhatikan tulisan acak yang tertera, lalu tuliskan di kolom Text in the box. Klik sign up lagi
Security Check, memastikan anda adalah manusia. Ketikkan dalam  boks tulisan acak yang anda lihat

Security Check, memastikan anda adalah manusia. Ketikkan dalam boks tulisan acak yang anda lihat

Setelah prosedur ini, halaman berisi terima-kasih-untuk-sign-up-selanjutnya-cek-email-anda akan muncul . Sekarang, buka account e-mail anda.

Sebentar, Tidak bisa sign up facebook? Anda ditolak oleh Facebook?

Facebook memiliki sistem verifikasi penamaan yang cukup ketat. Mereka (sebenarnya) hanya mengizinkan penggunaan nama asli anda sebagai display name. Jika anda menggunakan nickname, terutama yang mengandung unsur numerik, atau menggunakan font besar kecil menyebalkan ala abg s3P3rt1 iN1, siap – siap mengisi kolom lagi karena permintaan aplikasi sebagai anggota anda akan ditolak.

Ok, sekarang sudah masuk account email anda?

Sudah menerima e-mail verifikasi dari facebook?

Sekarang buka emailnya, dan klik link yang diberikan pada e-mail tersebut

Sekarang Anda dibawa ke sebuah halaman facebook! Account facebook anda sudah jadi!

Baik, facebook berusaha membuat aplikasinya senyaman mungkin digunakan. Maka dari itu, halaman pertama yang anda jumpai sekarang adalah halaman getting started. Panduan memulai untuk facebook.

Memulai Aktivitas di Facebook

  1. Sekarang, anda di hadapkan dengan fitur “import friend” dari account e-mail anda. caranya mudah, cukup tulis alamat email dan password anda. Tapi jika anda enggan, lewati saja dengan menekan link skip this step di bawah
  2. Sekarang, anda di hadapkan dengan form Fill Out Yor Profile Info. Isi informasi anda mengenai sekolah, universitas, dan tempat kerja anda, hal ini akan memudahkan fitur “friend finder” nantinya
  3. Setelah langkah kedua, anda akan diberikan form kosong untuk memilih network. Network di facebook merupakan fitur pembagian yang serius, dan jangan main – main dengan hal ini. Klik link other countries di bawah kolom, lalu pilih Indonesia. Klik Join.

Dengan demikian, proses mendaftarkan diri anda ke facebook sudah beres. Memahami panel facebook dapat anda lakukan seiiring dengan perjalanan waktu. Namun secara garis besarnya, pemahaman dasar mengenai panel – panel facebook akan kita bahas di post selanjutnya.

Sekarang, anda bisa mulai bereksperimen dengan berbagai fitur facebook. Mulai dari mana?

  • Mulai dengan mengisi profile anda, agar orang lain dapat menemukan anda dengan mudah
  • Mulai cari teman anda, dan tambahkan ke friendlist! kita akan melakukan networking kan?
Halaman awal facebook anda yang kosong. Segera isi agar anda dapat  dikenali oleh yang lain

Halaman awal facebook anda yang kosong. Segera isi agar anda dapat dikenali oleh yang lain

Info tambahan : Facebook sudah mensupport bahasa! Buat Account Facebook Anda berantarmuka bahasa

Untuk anda yang kurang mahir berbahasa inggris, tidak perlu takut dan resah. Facebook sudah mensupport bahasa nasional kita, dan hasilnya cukup bagus.

Cara membuat account facebook anda berantarmuka bahasa

  1. Lihat di bagian bawah halaman. Ada tulisan English (US)?
  2. Klik link tersebut, akan muncuk sebuah dropdown
  3. Klik pilihan Bahasa Indonesia
  4. Sekarang tampilan facebook anda sudah berbahasa indonesia.

Sumber dengan sedikit perubahan dari : Cara.web.id

No comments:

Post a Comment

Forum Web Puskesmas

Sebagai upaya percepatan pengembangan Sistem Informasi Kesehatan di Dinkes dan Puskesmas di Kab. Kebumen, telah dibangun infrastruktur jaringan, hardware, software dan brainware.
Di Tingkat kabupaten, telah ditetapkan Tim sebagai fasilitator dan menyelenggarakan berbagai pelatihan yang relevan, salah satunya adalah Pelatihan tentang Teknik Penulisan dan Pengembangan Web bagi pegawai Dinkes dan Puskesmas.
Web-log ini didedikasikan sebagai sarana komunikasi-informasi-edukasi antar admin.
Berbagai sumbangsih, saran dan kritik dari rekan-rekan, senior, para expert, sangat kami hargai. Terimakasih.