Monday, March 22, 2010

Mengenal Menu admin situs pada Dashboard Wordpress.com

Pada tutorial kali ini, saya akan mengenalkan menu admin Dashboard pada wordpress.com. Artikel ini sekaligus melanjutkan penjelasan pada posting belajar wordpress sebelumnya yaitu tentang bagaimana log-in sebagai admin pada wordpress.com. seperti kita ketahui, menu admin dashboard ini memiliki beberapa sub menu, yaitu Write, Manage, Design, Comments, Upgrades, Settings dan User. ok langsung aja kita mulai bahas satu persatu fungsi dari menu2 tersebut. Maaf meskipun gambarnya masih menu Wordpress.com release lama, tetapi yang prinsip penggunaan masing-masing item masih relevan.


1. Write, untuk menulis posting/tulisan kita dan membuat Page/halaman statis/ menu.

2. Manage, kalau diklik akan muncul 6 submenu lagi sbb :

  • Tulisan (Posts) berfungsi menampilkan artikel-artikel yang sudah kita posting. Kita juga dapat mengedit (menyunting) tulisan-tulisan tersebut dengan mengklik “sunting” atau “edit” di artikel yang akan diedit.
  • Halaman (Pages), berfungsi menampilkan halaman statis / Pages yang sudah kita buat. Di sini kita bisa mengedit halaman yang ada atau membuat halaman baru.
  • Taut (Link) untuk menambah atau mengedit link / blogroll
  • Kategori (Category), untuk mengedit, mendelete atau membuat kategori baru.
  • Tag, untuk menambah, mendelete atau mengedit tag
  • Pustaka Media, tempat link file atau image yang sudah diupload
  • Impor, untuk mengimpor file content dari blog lain.
  • Ekspor, untuk mengekspor file di blog ke blog lain.
  • Blogroll (tambah link), untuk memanage link2 kita, bila diklik akan muncul 4 submenu lagi :
  • Kelola (manage) blogroll, untuk mengedit, merubah atau menghapus taut (link) yang ada.
    Tambahkan taut (Add link), untuk menambah link baru.
    Impor taut (Import link), untuk mengimpor daftar link dg OPML atau file di komputer kita.
    Kategori (category), kategorisasi link. Bedakan dengan kategori posting (lihat, b.4.)

3. Design, kalau diklik akan muncul 5 (lima) submenu sbb:

  • Tema (Theme), menampilkan daftar template yang bisa kita pilih untuk blog kita. Tinggal klik template yang kita suka.
  • Widgets, untuk mengaktifkan widget dan memilih widget yang ingin kita tampilkan di sidebar.
  • Extras, untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan pratilik/previewer Snap. By default (aslinya) sudah aktif, klik tanda tik (uncheck) supaya tidak aktif.
  • Current Theme Options, berfungsi untuk (a) merubah header blog. Bisa diganti dengan header buatan sendiri; (b) Setting warna dan posisi sidebar blog; (c) Mengisi informasi personal untuk ditampilkan sebagai data waktu memberi komentar; dan (d) untuk reset (menghapus dan mengembalikan ke setting-an awal.
  • Edit CSS, untuk merubah CSS template blog. Ini bagi blogger lanjut, tak cocok bagi pemula.

4. Comments, kalau diklik akan muncul 3 (tiga) submenu lagi sbb:

  • Comments, menampilkan seluruh komentar di blog Anda. Di sini kita bisa mengedit atau mendelete komentar yang ada.
  • Waiting Moderation, menampilkan komentar yang masuk daftar moderasi yang bisa Anda edit dengan “setujui” (approve), hapus (delete), spam (dianggap spam).
  • Akismet Spam, menampilkan komentar yang masuk daftar spam (sampah).

5. Upgrades, penawaran berbayar dari wordpress.com untuk mendapat fungsionalitas lebih baik. saya penganut blog gratisan. jadi topik ini tidak dibahas disini, hehehe

6. Settings, memiliki 8 submenu sbb:

  • General, berfungsi untuk Membuat atau mengedit judul blog, membuat Slogan (deskripsi) blog, memilih / mengedit bahasa yang digunakan di blog, Dll.
  • Writing, yang terpenting dalam submenu ini adalah menu “Default Post Category”. Pilih dari daftar kategori tentang kategori apa yang akan dipakai secara by-default di posting.
  • Reading, atau Opsi Membaca. pada Frontpage, pilih “Your latest posts ” (sudah otomatis); pada Blog post, pilih berapa artikel yang akan tampil di halaman utama; Syndicated Feed, “show the most recent:” pilih 10; “For each article in a feed, show :”, pilih Full text; Rich feeds, kasih tanda tik (check) di semua kotak. Jangan lupa klik “Update Options”
  • Discussion, Pada “Default article settings”, kasih tanda tik (check) di semua kotak; Pada “E-mail me whenever”, kasih tanda tik (check) pada “Anyone posts a comment” jika anda ingin mendapatkan email ketika seseorang meninggalkan komentar dan kasih tanda tik (check) pada “A comment is held for moderation” jika anda ingin memoderasi komentar; Pada “Before a comment appears” kasih tanda tik (check) pada “An administrator must always approve the comment” jika ingin memoderasi setiap komentar, Kasih tanda tik di “Comment author must fill out name and e-mail ” apabila Anda ingin setiap komentator menulis alamat email dan situsnya, dan sebaiknya tidak memberi tanda tik pada “Comment author must have a previously approved comment”;
  • Privacy, Opsi Privasi. Kasih tanda tik (check) di “” supaya masuk mesin pencari google, yahoo, msn, dll.
  • Delete Blog, Jika anda ingin menghapus blog anda ini, silahkan berkunjung ke menu ini
  • Media, untuk menentukan dimana gambar, dokumen, dan file media lainnya akan terhubung ketika dimasukkan ke dalam sebuah posting.
  • Open ID, OpenID memungkinkan Anda untuk login ke situs lain yang mendukung standar OpenID. OpenID anda adalah http://namablog.wordpress.com.
  • Domain, ini untuk mensetting custom domain bila anda sudah memiliki custom domain. wordpress akam me-redirect halaman2 pada blog ini ke custom domain yang anda pilih

No comments:

Post a Comment

Forum Web Puskesmas

Sebagai upaya percepatan pengembangan Sistem Informasi Kesehatan di Dinkes dan Puskesmas di Kab. Kebumen, telah dibangun infrastruktur jaringan, hardware, software dan brainware.
Di Tingkat kabupaten, telah ditetapkan Tim sebagai fasilitator dan menyelenggarakan berbagai pelatihan yang relevan, salah satunya adalah Pelatihan tentang Teknik Penulisan dan Pengembangan Web bagi pegawai Dinkes dan Puskesmas.
Web-log ini didedikasikan sebagai sarana komunikasi-informasi-edukasi antar admin.
Berbagai sumbangsih, saran dan kritik dari rekan-rekan, senior, para expert, sangat kami hargai. Terimakasih.