Sunday, March 21, 2010

Pengertian Internet

Internet (Inteconnected-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.

Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error- handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protokol/ Internet Protokol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

internet memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat, karena menawarkan beberapa daya tarik atau keunggulan dibandingkan media lain. Keunggulan tersebut, antara lain:
  • Komunikasi murah
  • Sumber informasi besar
  • Tantangan baru untuk berusaha
  • Keterbukaan “tanpa sensor”
  • Jangkauan yang tidak terbatas

Intranet adalah konsep local area network (LAN) yang mengadopsi teknologi internet. Intranet diperkenalkan pada tahun 1995. Khoe Yao Tung (1997) mengatakan: intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas internet, diibaratkan berinternet dalam lingkungan lokal.

No comments:

Post a Comment

Forum Web Puskesmas

Sebagai upaya percepatan pengembangan Sistem Informasi Kesehatan di Dinkes dan Puskesmas di Kab. Kebumen, telah dibangun infrastruktur jaringan, hardware, software dan brainware.
Di Tingkat kabupaten, telah ditetapkan Tim sebagai fasilitator dan menyelenggarakan berbagai pelatihan yang relevan, salah satunya adalah Pelatihan tentang Teknik Penulisan dan Pengembangan Web bagi pegawai Dinkes dan Puskesmas.
Web-log ini didedikasikan sebagai sarana komunikasi-informasi-edukasi antar admin.
Berbagai sumbangsih, saran dan kritik dari rekan-rekan, senior, para expert, sangat kami hargai. Terimakasih.